Cloud Hosting Indonesia

Mengenal Apa Itu Teknologi Open Source Kelebihan dan Kekurangan

penulis : Papa pada 10 Maret 2021

Bagi seseorang yang bergelut dalam dunia IT, teknologi open source mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka.

Ya, keberadaan teknologi ini memang sangat penting karena menawarkan sejumlah keuntungan di dalamnya.

Para pengguna sendiri bisa mendistribusikan maupun memodifikasi software sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki.

Bukan hanya itu saja, open source ini sendiri merupakan teknologi jaringan berbasis luas dimana sangat penting keberadaan.

Dengan car inilah maka para programmer juga mempunyai akses ke kode sumber program komputer dimana digunakan untuk meningkatkan suatu program.

Kendati keberadaannya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang, ternyata belum banyak orang mengetahui apa itu open source dalam pengembangan software.

Itulah mengapa untuk menjawab rasa penasaran tersebut, langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Pengertian teknologi open source

Teknologi open source adalah sebuah kode sumber atau kode dasar di dalam sebuah software dimana tersedia untuk dimodifikasi dan dapat digunakan kembali.

Kode dari open source itu sendiri merupakan bagian dari software dimana sebagian besar dari penggunanya tidak pernah melihatnya.

Dengan kata lain, siapapun diberikan kesempatan untuk memanipulasi maupun mengubah  software tersebut sehingga program maupun aplikasi dapat bekerja dengan maksimal. Umumnya, ada 2 jenis software yakni softwate open source dan closed source software.

Di sini open source artinya ketika kode dasar yang dimiliki oleh si pembuat proyet terbuka oleh siapa saja untuk melihat, memeriksa kekurangan maupun beradaptasi untuk membuat versi yang baru.

Sedangkan untuk closed source software sendiri akan mengandalkan kode untuk  menghasilkan pendapatan sehingga tidak ada orang yang mencari kode tersebut dan membuat versi baru secara gratis.

Saat ini, banyak orang yang lebih suka dengan software open source karena mereka tertarik terhadap control lebih besar atas perangkat lunak jenis ini.

Pengguna juga bisa melakukan pemeriksaan kode untuk memastikan apabila tidak melakukan apapun yang mereka inginkan dan hanya mengubah bagian-bagian yang tidak disukai.

Di samping itu, para programmer yang membuat software bersangkutan juga tidak dapat membebankan biaya uang untuk penggunaan software yang mereka buat.

Tetapi beberapa pemilik mengharuskan pengguna untuk membayar agar bisa menikmati layanan dan fasilitas secara penuh.

Sehingga apa itu open source software sendiri mengacu pada kode program dimana didistribusikan secara terbuka  termasuk juga dengan kode yang tidak akan dikenai biaya dimana dapat digunakan dan dimodifikasi oleh para pengguna lainnya tanpa mengenal adanya batasan.

Pemanfaatan teknologi open source ini sendiri ternyata juga sudah digunakan didalam berbagai macam bidang mulai dari lingkungan sekolah, kampus, instansi maupun perusahaan.

Adapun contoh dari  software open source adalah Linux, XAAMPP, Mozilla Firefork,  Apache license 2.0 MIT License dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis software open source code

Keberadaan teknologi software open source code inipun ternyata juga dibedakan menjadi  2. Itulah mengapa sebelum anda memutuskan untuk memilihnya, anda wajib untuk mengetahuinya agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan maupun kemampuan yang anda miliki.

Langsung saja, simak ulasan di bawah ini:

1. Commercial software

Ini merupakan sebuah perangkat lunak open source dimana akan tersedia secara komersial. Ini berarti software tersebut memiliki hak cipta oleh developernya.

Biasanya jenis software seperti ini tidak akan langsung memberikan akses kode sumbernya kepada para pengguna.

Calon pengguna biasanya harus memberikan insentif atas hak kekayaan intelektual kepada para developer dari software bersangkutan.

Jika sudah membayar hak atas lisensi itulah, pelanggan baru bisa memperoleh kode source tersebut.

2. Free software

Berbanding terbalik dengan commercial software, untuk free software ini   sendiri berhubungan dengan perangkat lunak yang mempunyai fitur dimana bisa diunduh maupun dimodifikasi oleh para pengguna tanpa dikenakan biaya.

Tapi di samping itu, Richard Stallman memiliki pendapatan apabila free software didefinisikan dalam 4 kondisi atau 4 kebebasan. Kondisi tersebut akan menekankan pada kemampuan pengguna untuk bisa menggunakan maupun menikmati perangkat lunak dimana mereka inginkan.

Kelebihan teknologi open source

Sudah mengetahui apa itu teknologi open source dan jenis-jenisnya bukan? keberadaan teknologi ini sendiri ternyata juga mempunyai beberapa  kelebihan yang ditawarkan diantaranya adalah sebagai berikut

1. Dapat digunakan secara gratis

Kelebihan open source yang pertama adalah dapat digunakan secara gratis. Bagaimana tidak? Para pengguna bisa menggunakan, melakukan modifikasi dan mendistribusikan dengan gratis.

Di samping itu, untuk software open source yang berbayar biasanya juga hanya membutuhkan biaya yang sangat terjangkau apabila dibandingkan dengan keberadaan proprietary software.

2. Dapat ditingkatkan dengan baik

Di samping itu, keberadaan software inipun ternyata juga dapat ditingkatkan dengan baik dan konsisten.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena pengguna diberikan kesempatan mengotak-atik software open source untuk kebutuhan memecahkan masalah atau memperbarui produk.

Di samping itu, pengguna juga bisa menambahkan fitur, menghentikan masalah bug hingga memperbaiki dan melakukan peningkatan software tanpa perlu memperoleh izin resmi.

3. Digunakan sesuaika hati

Kelebihan lainnya dari teknologi tersebut adalah anda bisa menggunakannya sesuka hati anda. hal tersebut tidak lain karena kebanyakan software open source tidak mempunyai masalah hak cipta, royalty maupun pembayaran lainnya yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi.

Inilah mengapa anda memiliki kebebasan untuk menggunakannya sesuai kebutuhan ataupun bisa menyesuaikan software berdasarkan keinginan yang dimiliki.

Kekurangan teknologi open source

Walaupun dikenal mempunyai beragam kelebihan, ternyata terdapat pula kekurangan open source ini. terlebih lagi buat para pengguna pemula maka beberapa kendala mungkin akan ditemui. Daripada penasaran, berikut kekurangan dari teknologi tersebut.

1. Untuk mempelajari produk tidaklah mudah

Walaupun menawarkan software gratis bahkan dengan biaya sangat murah, nyatanya untuk mempelajari software tersebut tidaklah mudah dilakukan. Terlebih lagi untuk membuka sebuah kode ternyata tidaklah mudah dilakukan.

Anda mungkin akan membutuhkan waktu cukup lama agar bisa memahami aplikasi open source tersebut. terlebih lagi apabila anda belum cukup paham dengan kegiatan peningkatan softwarenya.

3. Masalah kompatibilitas perangkat keras

Disamping itu, banyak pula hardware baru dimana diproduksi tidak kompatibel dengan linuk. Inilah yang menjadi kekurangan dari aplikasi open source dimana terdapat masalah kompatibilitas perangkat keras.

Tidak jarang para pengguna harus bergantung pada pihak ketigas setiap kali membeli perangkat lunak dari sebuah vendor. Disini pengguna biasanya harus memastikan apakah produk tersebut mempunyai dukungan untuk linux atau tidak.

4. Tidak ramah terhadap pengguna

Kekurangan yang terakhir adalah tidak cukup ramah untuk para pengguna. Sebagai contohnya sebuah sistem operasi dengan basis linux ternyata lebih sulit digunakan dibandingkan dengan OS windows.

Di samping itu, proses install juga lebih sulit bahkan membutuhkan command line interface dahulu. Demikian ulasan mengenai teknologi open source dimana menjadi teknologi yang sangat penting bagi masyarakat agar bisa menggunakan maupun memodifikasi produk open source sesuai dengan kebutuhan.

Kendati demikian, keberadaan teknologi ini pun ternyata tidak lepas dari adanya kekurangan di dalamnya.

Cloud Hosting Indonesia
Cloud Hosting Indonesia

Artikel Lainnya

19 Maret 2021
Perbedaan Jenis Layar LED vs LCD dalam Penggunaan Teknologi

berbicara soal jenis layar LED maupun layar LCD dalam penggunaan teknologi, rupanya ada perbedaan signifikan diantara keduanya

Read More
25 Maret 2021
Perkembangan Teknologi Gadget

Perkembangan teknologi Gadget terus mengalami kemajuan dari masa ke masa. Generasi milenial tentu tidak pernah merasakan betapa sulitnya dulu

Read More
18 Maret 2021
Peranan Penting Penggunaan Teknologi LCD dalam Sistem Pembelajaran

Dalam sistem pembelajaran di sekolah maupun di perguruan tinggi seperti sekarang ini, teknologi LCD dan LED tentu sudah tidak asing lagi bagi siswa maupun para mahasiswa yang menggunakannya, bukan? Bahkan, saat ini penggunaan teknologi LCD semakin banyak digunakan di berbagai sekolah maupun perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk menunjang proses belajar mengajar di kelas. Namun, […]

Read More
22 Maret 2021
Teknologi 5G Terkini di Dunia

Sebenarnya apa 5G yag menjadi teknologi terkini di dunia khususnya di bidang teknologi informasi?

Read More
5 April 2021
Apa Itu Teknologi Open Source?

Saat ini kemajuan di bidang teknologi memang tidak bisa dihindari lagi. Oleh sebab itu ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menggunakan perangkat lunak dengan baik. Nah, sebenarnya kemajuan teknologi ini juga memiliki dampak yang cukup baik salah satunya menghasilkan open source software. Nah, tahukah anda apa itu teknologi open source? Sekilas Tentang Open […]

Read More
19 Maret 2021
Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Teknologi LED

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya bagi Anda untuk menyimak sekilas mengenai pengertian LED berikut ini.

Read More
2 April 2021
Pemanfaatan Teknologi Open Source

Pemanfaatan teknologi open source yang lain yakni memungkinkan adopsi karena semua pihak dapat menggunakan teknologi ini.

Read More
26 Maret 2021
Perangkat Yang Diperlukan Pada Teknologi Jaringan Berbasis Luas

Teknologi jaringan sangat dibutuhkan agar pengguna komputer dapat bisa berkomunikasi. Dengan adanya network atau jaringan maka beberapa komputer dapat terhubung sehingga para pengguna dapat saling mengakses.

Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2021 itkawai.com
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram