5 Makanan Enak Khas Italia Wajib Dicoba


Segar, beraroma, dan sederhana yang menyenangkan, masakan Italia yang disinari matahari adalah dolce vita di piring. Tetapi, untuk menemukan makanan enak terbaik di negara dengan keahlian memasak regional yang begitu luar biasa, saran terbaik adalah melupakan restoran yang menyajikan hidangan “kreatif, inovatif”, dan tetap berpegang pada spesialisasi lokal, waktu terhormat.
Makan adalah salah satu kegembiraan terbesar bepergian di Italia, wawasan yang jelas tentang budaya dan tradisi masing-masing daerah. Hidangan mereka dibuat dengan bahan musiman sederhana, namun rasanya seperti sesuatu dan didapatkan di restoran berbintang Michelin.
Untuk mencoba menentukan makanan Italia yang luar biasa mana yang “terbaik” adalah seperti mencoba membuktikan pizza lebih baik daripada pasta – ini semata-mata masalah selera pribadi dan saya tahu semua orang akan memiliki pendapat mereka sendiri.
Namun, sebagai seorang pecinta kuliner, saya tidak bisa menahan godaan untuk mengumpulkan daftar 10 makanan terbaik di Italia. Tentu saja, ini adalah pilihan yang sepenuhnya subjektif, jadi jangan ragu untuk berbagi di komentar di bawah ini.

1. Pizza Napoletana (Naples)

Ada begitu banyak hidangan tradisional yang fantastis di Italia, tetapi mungkin tidak ada yang meringkas esensi dari masakan Italia yang lebih baik daripada Pizza Napoletana. Sejarah, kesederhanaan, dan bahan-bahan segar, berkualitas tinggi – semuanya datang bersama-sama untuk menciptakan jenis pizza yang sempurna dan paling otentik.

Diciptakan di Naples di suatu tempat antara abad ke-18 dan 19, pizza Neapolitan pada dasarnya adalah roti lapis dengan tomat, keju mozzarella, dan minyak zaitun extra virgin. Pada kenyataannya, membuat Pizza Napoletana yang sebenarnya adalah sebuah seni dan membutuhkan lebih dari sekadar 3 atau 4 bahan sederhana.

Ada tiga versi resmi Pizza Napoletana, tetapi Margherita adalah yang paling terkenal. Legenda mengatakan bahwa hidangan klasik ini dalam warna bendera Italia diciptakan oleh pembuat pizza Neapolitan Raffaele Esposito pada tahun 1889, ketika Margherita dari Savoy (permaisuri Ratu Kerajaan Italia) mengunjungi kota.

Saat ini, pizza Neapolitan dilindungi oleh Associazione Verace Pizza Napoletana dan merupakan alasan yang cukup untuk mengunjungi kota terbesar ketiga di Italia.

Back to Content ↑

2. Lasagna (Bologna)

Salah satu resep pasta tertua di dunia, lasagna (atau lasagna dalam bahasa Italia) adalah makanan tradisional Italia yang dibuat dari lapisan-lapisan lembaran pasta, daging, saus, dan keju secara bergantian.

Meskipun ada banyak cara untuk menyiapkan makanan favorit Garfield, variasi paling populer adalah Lasagna alla Bolognese klasik, dibuat dengan ragù (saus Bolognese berbasis daging), saus Béchamel, dan keju Parmigiano-Reggiano. Lasagna Napoletana, di sisi lain, berisi bakso, sosis, serta keju ricotta dan mozzarella, bukan saus Béchamel, dan biasanya disajikan di Naples selama Carnivale.

Ada beberapa perselisihan mengenai apakah itu ditemukan selama Abad Pertengahan di Naples atau asal-usulnya dapat ditelusuri kembali ke Yunani Kuno, tetapi satu hal yang pasti, lasagna adalah salah satu hidangan panggang paling lezat yang ditawarkan Italia.

Back to Content ↑

3. Ossobuco alla Milanese (Milan)

Spesialisasi khas Milan yang lezat dan beraroma, ossobuco terdiri dari betis daging sapi yang dimasak perlahan dalam anggur putih, kaldu daging, dan sayuran. Resep tradisional, lahir mungkin pada akhir abad ke-19 di salah satu lingkungan osterie di kota itu, tidak termasuk tomat dan selesai dengan gremolata, bumbu segar yang dibuat dari kulit lemon, bawang putih, dan peterseli.

Meskipun tidak sepopuler cotoletta (potongan daging sapi goreng dengan mentega), Ossobuco alla Milanese adalah salah satu hidangan berbasis daging paling kaya dan paling representatif di kota ini.
Untuk hidangan yang benar-benar mengesankan di Milan, cobalah ossobuco dengan Risotto all-laced saffron klasik ala Milan.

Back to Content ↑

4. Panzanella (Tuscany)

Pokok masakan Tuscan, atau lebih baik lagi, “cucina povera” Italia, panzanella adalah roti sehat dan salad tomat yang biasanya disajikan di Italia tengah selama bulan-bulan musim panas.

Hidangan petani klasik, berasal dari ladang hijau Tuscany, di mana petani harus bergantung pada hasil bumi lokal untuk memberi makan diri mereka sendiri saat bekerja.

Kisah cinta di kawasan ini dengan salad roti kembali ke abad ke-14, tetapi sebelum penemuan Dunia Baru dan pengenalan tomat di Eropa, resep aslinya didasarkan pada roti basi dan bawang.

Panzanella saat ini, di sisi lain, dibuat dengan tomat yang berair, matang, mentimun, kemangi segar, dan roti sisa, dan dibumbui dengan minyak zaitun dan cuka.

Back to Content ↑

5. Focaccia (Liguria)

Sering dikaitkan dengan masakan Liguria, focaccia adalah salah satu jenis roti Italia yang paling populer dan lezat. Namanya berasal dari istilah Latin “panis focacius”, yang berarti roti bakar yang dipanggang di perapian.

Meskipun ada banyak varietas di seluruh Italia, focaccia alla Genovese (yang dikenal sebagai fugassa) klasik ditemukan di Genoa dan desa-desa di sepanjang Italian Riviera dikatakan yang terbaik di dunia. Ini biasanya dibuat dengan kombinasi tepung terigu lunak dan keras, ragi, air, garam, dan minyak zaitun extra virgin berkualitas tinggi.

Di luar Liguria, focaccia sering dibumbui dengan bumbu, serta bawang putih, tomat, dan basil. Varian yang populer adalah focaccia al rosmarino (focaccia dengan rosemary), yang sering disajikan sebagai antipasto atau roti meja.

Back to Content ↑